Skip to main content
Berita Kegiatan

Refleksi BNN Kota Tual Dalam Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2022

Dibaca: 11 Oleh 13 Jul 2022Tidak ada komentar
REFLEKSI BNN KOTA TUAL DALAM PERINGATAN HARI ANTI NARKOTIKA INTERNASIONAL (HANI) TAHUN 2022
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

Tepat pada tanggal 26 Juni 2022 BNN Kota Tual memperingati Hari Anti Narkotika Internasional, sebagaimana yang ditetapkan oleh Kantor PBB urusan Narkoba dan kejahatan atau yang dikenal dengan United Nations Office of Drugs and Crime (UNODC). Penetapan ini didasarkan oleh sosok heroik yang bernama Lin Zexu (1785-1851), dia adalah pengungkap kasus perdagangan opium oleh bangsa asing dari Humen, Guandong, Tiongkok

Hari pengungkapan kasus oleh Lin Zexu, ditetapkan sebagai Hari Anti Narkotika Internasional. Hari tersebut menjadi hari yang perlu diperingati setiap tahun, sebagai pengingat betapa pentingnya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika.

Begitu juga, BNN Kota Tual juga turut serta memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) pada tanggal 27 Juni 2022 lalu yang dilangsungkan di Hotel Suita Langgur. Kegiatan ini turut diramaikan oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Organisasi Perangkat Daerah dan pelaku seni di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara.

Kegiatan semacam ini perlu dilakukan guna menunjukkan potensi daerah yang perlu dilestarikan dan dikembangkan. Selaras dengan tema Nasional HANI yakni “Kerja Cepat, Kerja Hebat, Berantas Narkoba di Indonesia”, generasi muda sebagai tumpuan bangsa wajib memanfaatkan waktunya dengan kegiatan yang positif, seperti kesenian dan olahraga. Sehingga perayaan HANI menjadi pengingat serta semangat masyarakat utamanya generasi muda untuk menghindari penyalahgunaan narkoba dengan kegiatan yang lebih positif.

 

Peringatan : Tema Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2022

Peringatan: Tema Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2022

 

Kegiatan ini melibatkan sekitar 70 undangan yang terdiri dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Organisasi Perangkat Daerah, pelaku seni, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, sekolah dan penggiat seni yang ada di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara.

 

Peserta: Peserta Giat Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional 2022

Peserta: Peserta Giat Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional 2022

 

Kegiatan HANI 2022 serupa dengan konsep perayaan tahun lalu, dengan mengikuti perayaan yang dilakukan oleh pusat secara daring. Tahun ini peringatan HANI oleh BNN Pusat dilakukan di Bali. Peringatan secara dari ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars BNN, dilanjutkan dengan Kaleidoskop BNN RI, laporan ketua panitia (Direktur Dayamas BNN) Drs. Richard Nainggolan, M.Si, Sambutan Kepala BNN RI Dr. Petrus R.Golose, sambutan secara virtual Presiden RI. Bapak Jokowi dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Badan Narkotika Nasional Kota Tual, Bapak Ahmad Reniuryaan, S.Sos secara luring.

Dalam sambutan sekaligus laporannya Kepala BNN Kota Tual menyampaikan, “Peringatan HANI dibutuhkan Kerja Cepat, Kerja Hebat dalam Memberantas Narkoba di Indonesia tidak terkecuali Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara”.

 

Virtual : Sambutan Peresiden RI dan Kaban BNN RI Secara Virtual

Virtual: Sambutan Peresiden RI dan Kepala BNN RI Secara Virtual

 

”Seperti kita ketahui Indonesia saat ini dalam keadaan darurat narkoba dan sedang berperang keras melawan narkoba. Sebagai Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku, Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara memiliki potensi yang besar, baik potensi wisatanya, potensi sumber daya alamnya dan adat kebudayaannya. Namun juga berpotensi untuk dirusak dengan penyalahgunaan narkoba. Tiap tahunnya terdapat tangkapan atas kasus penyalahgunaan narkotika di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara, tercatat tiga tahun terakhir laporan Kepolisian Resort Maluku Tenggara mendapati 7 orang di tahun 2019 dan 10 orang di tahun 2020 serta 1 orang di tahun 2021 yang telah menyalahgunakan narkoba, sedangkan pada tahun 2022 BNN Kota Tual bekerjasama dengan BNN Propinsi Maluku mendapati kasus besar yang terjadi di BTN UN Indah dengan tangkapan kurang lebih ±15 gram”, ujar Kepala BNN Kota Tual dalam laporannya.

 

Sambutan : Sambutan Kepala BNN Kota Tual

Sambutan: Sambutan Kepala BNN Kota Tual

 

“Dibutuhkan gerakan yang masif serta kepedulian dari segala unsur masyarakat sehingga tidak merusak generasi bangsa. Dalam menuju Indonesia Bebas Narkoba, saat ini Indonesia tengah memacu diri untuk meningkatkan prestasi pembangunan kompetensi bangsa. Oleh karena itu, dukungan masyarakat luas, khususnya generasi muda yang sehat, cerdas dan berintelektual,” pungkasnya.

 

Anak: Penampilan musik anak – anak dari Community Okulele Lovers Tual

Anak: Penampilan musik anak – anak dari Community Okulele Lovers Tual

 

 

Acara dilanjutkan dengan tampilan seni musik dari Okulele masing – masing dari mereka menampilkan nyanyian khas Kei dan Mars BNN. Acara ditutup dengan penampilan solo dari pianis Kota Tual. (Udi/rez)

 

 

Kirim Tanggapan