Skip to main content
Berita KegiatanRehabilitasiBerita Utama

Deteksi Penyalahguna di Lingkungan Pelajar, BNNK Tual Laksanakan SIL di SMAN 1 Tual

Dibaca: 19 Oleh 30 Sep 2021Tidak ada komentar
Deteksi Penyalahguna di Lingkungan Pelajar, BNNK Tual Laksanakan SIL di SMAN 1 Tual
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

BNN Kota Tual melalui seksi Rehabilitasi melaksanakan Skrining Intervensi Lapangan (SIL) yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tual, Jalan Pattimura, Kec. P. Dullah Selatan Kota Tual, Jumat pagi (24/09). Adapun peserta berjumlah 30 (tiga puluh) siswa-siswi yang merupakan perwakilan dari kelas X, IX dan XII. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pencapaian output Kegiatan Layanan Rehabilitasi dan memberikan edukasi & kesadaran bagi penyalahguna narkoba untuk mengakses layanan rehabilitasi melalui intervensi singkat.

Deteksi Penyalahguna di Lingkungan Pelajar, BNNK Tual Laksanakan SIL di SMAN 1 Tual

Mulai : Pengantar diberikan kepada petugas sebelum memulai melaksanakan Skrining Intervensi Lapangan (SIL).

Skrining merupakan prosedur singkat yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu masalah atau melihat kemungkinan terjadinya penyalahgunaan narkoba pada suatu populasi. Skrining juga memberikan kesempatan untuk melakukan edukasi dan / atau intervensi awal.

Pada kesempatan ini, petugas SIL yakni Ibu Irda Kabakoran (Pengadministrasi Umum Seksi Rehabilitasi BNN Kota Tual) dan dr. Adrianus Leftungun (Dokter Kilinik Pratama BNN Kota Tual), melakukan wawancara. Responden yang diwawancarai merupakan sample acak dari rekomendasi Ibu Deltin Jaranmassa, S.Pd selaku guru Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 1 Tual. Sebanyak 13 respoden diantaranya laki-laki 9 orang dan perempuan 4 orang. Hal ini dilakukan guna mengetahui adanya penyalahgunaan narkoba di SMA Negeri 1 Tual.

Deteksi Penyalahguna di Lingkungan Pelajar, BNNK Tual Laksanakan SIL di SMAN 1 Tual

Jawab : Salah satu responden melakukan SIL dengan menjawab beberapa pertanyaan yang mengidentifikasinya dari zat adiktif

Para petugas SIL melakukan skrining terhadap 13 responden dengan menggunanakan metode Alcohol, Smooking and Substance Involvement Screening Test (ASSIST). Secara umum ASSIST memberikan informasi tentang : penggunaan zat adiktif sepanjang hidup klien, penggunaan zat adiktif tiga bulan terakhir, masalah terkait penggunaan zat adiktif, resiko bahaya pemakaian zat adiktif, ketergantungan zat adiktif dan aspek lainnya.

Kegiatan berjalan dengan lancar terlihat dari adanya responden yang bersedia diwawancarai. Harapannya dengan diadakannya program SIL, responden dapat merekomendasikan orang terdekatnya, seperti keluarga, teman atau tetangga yang menyalahgunakan narkoba agar mendapatkan pelayanan rehabilitasi medis. Baik responden maupun pecandu dapat melaporkan dirinya ke Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) layanan rehabilitasi medis.IPWL di wilayah Kota Tual dan Kab. Maluku Tenggara, antara lainklinik pratama BNNK Tual, Puskesmas Tual dan RSUD Hi. Noho Renuat Kota Tual. (cac/rez)

Terkait

Kirim Tanggapan