Skip to main content
Berita KegiatanPencegahan dan Pemberdayaan MasyarakatBerita Utama

BNN Kota Tual Mensosialisasikan Ketahanan Keluarga Anti Narkoba Kepada Ibu-Ibu PKK Desa Dullah

Dibaca: 6 Oleh 13 Okt 2021Tidak ada komentar
BNN Kota Tual Mensosialisasikan Ketahanan Keluarga Anti Narkoba Kepada Ibu-Ibu PKK Desa Dullah
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

Pemberdayaan  dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tim Penggerak Kota Tual menggandeng BNN Kota Tual melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pembinaan Kader Anti Narkoba. Adapun pelaksanaan kegiatan melibatkan ibu-ibu PKK Desa Dullah di Balai Desa Dullah, Kecamatan P. Dullah Utara, Kota Tual pada Senin (04/10) pukul 15.30 WIT.

Narasumber Bapak Reza Bakhtiar, S.I.Kom (Penyuluh Narkoba Ahli Pertama BNN Kota Tual) menyampaikan bahwa keluarga merupakan tonggak utama keselamatan generasi bangsa. Hal ini dikarenakan keluarga berperan penting untuk mencapai kesejahteraan penduduk sebagai cita-cita pembangunan negara maupun sebagai pengenalan lingkungan sosia. Keluarga juga menjadi stakeholder utama dalam pembentukan karakter dan keterlibatan keluarga merupakan dukungan moril yang dibutuhkan setiap anak.

BNN Kota Tual Mensosialisasikan Ketahanan Keluarga Anti Narkoba Kepada Ibu-Ibu PKK Desa Dullah

Sosialisasi : Saat pemateri menyampaikan sosialisasi yang diselenggarakan oleh PKK Desa Dullah di Balai Desa Dullah

Pemateri juga menginformasikan bahwa Ketahanan Keluarga Anti Narkoba merupakan Program Prioritas Nasional dalam Pencegahan dan Pembarantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba  (P4GN). Konsep ini menjelaskan tentang kesiapan keluarga demi mempertahankan untuk kesejahteraan anggota keluarganya. Faktor keluarga merupakan faktor penting dalam menumbuhkan ketahanan diri remaja dan anak terhadap penyalahgunaan narkoba.

Konsekuensi logis dari kebijakan keterlibatan keluarga untuk upaya P4GN tertuang dalan kegiatan Intevensi Ketahanan Keluarga Anti Narkoba. Kegiatan ini melibatkan 10 keluarga selama 4 kali pertemuan dengan pembagian kelas orang tua dan anak. Pada tahun 2021, program ini sudah dilaksanakan di Desa Lebetawi, sebagai rujukan Desa Bersinar tahun 2020 lalu. Harapannya kegiatan serupa bisa dilaksanakan di desa Dullah. Program ini diharapkan timbul kerjasama di dalam keluarga untuk mempertahankan kebaikan dan mempertahankannya dari ancaman bahaya penyalahguanaan narkoba.

BNN Kota Tual Mensosialisasikan Ketahanan Keluarga Anti Narkoba Kepada Ibu-Ibu PKK Desa Dullah

Ikut : Sosialisasi diikuti oleh perwakilan anggota PKK dari beberapa pokja.

Diakhir sesi, pemateri berharap Desa Dullah, begitu juga seluruh kawasan di wilayah Provinsi Maluku, bisa tebebas dari penyalahgunaan narkoba. Dia menutup sosialisasi dengan kutipan kalimat “Family : Where life begins and love never ends” yang artinya keluarga merupakan awal serta tumbuhnya kehidupan, dan cintanya tidak akan pernah sirna. Cinta dari keluarga diharapkan bisa menjadi bekal anggota keluarganya agar terhindar dari bahaya penyalahgunaan narkoba. (haz/rez)

Terkait

Kirim Tanggapan